Cara Memasak Nasi Goreng Jawa

Resep nasi goreng khas jawa kali ini biasanya memakai bumbu pedas. Cara memasakny pun juga mudah seperti yang akan diulas kali ini. Tidak mengesampingan soal gizi, karena bahan pelengkapnya dipilih untuk menyeimbangkan karbohidrat masakan. Bagi orang asli jawa mungkin resep ini sudah turun-temurun sehingga rasanya lebih lezat. Saking populernya masakan ini, banyak kedai atau warung yang menyediakan nasi goreng jawa. Hal yang membedakan nasi goreng asal jawa dengan lainnya yaitu sambal ulek sebagai bumbu utamanya. 

Cara Memasak Nasi Goreng Jawa

Bahan-bahan.
Nasi putih 500 gram,
·         Daging sapi rebus 200 gram, diiris kecil,
·         Udang 100 gram, dibersihkan kulitnya,
·         Kecap manis 2 sdm,
·         Minyak goreng 3 sdm,
·         Bawang merah 6 siung,
·         Bawang putih 3 siung,
·         Terasi 1 sdt,
·         Ketumbar 1 sdt,
·         Gula pasir ½ sdt,
·         Garam 1 sdt,
·         Cabai merah 5 buah.

 Cara memasak. 
1. Panaskan minyak ke dalam wajan dan tunggu semenit supaya panas. Setelah itu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, yaitu bawang merah, bawang putih, terasi, ketumbar, gula pasir, garam dan cabai merah. Tumis sampai baunya harum. 
2. Kemudian tambahkan kecap manis sambil diaduk, masukkan daging sapi dan udang sampai berubah warna. Tuang nasi ke wajan dan aduk sampai bumbu tercampur dengan api kecil. 
3. Bila nasi sudah berubah warna dan baunya tercium harum maka matikan api. 
4. Setelah itu tuang nasi ke piring saji, maka nasi goreng siap untuk dinikmati.
Biasanya dalam penyajian nasi goreng jawa disertakan juga taburan bawang goreng renyah, potongan telur dadar, kerupuk udang dan irisan mentimun. Pastinya akan menambah lezat rasa nasi goreng yang anda buat untuk keluarga. 
Waktu memasak hanya menghabiskan waktu 30 menit saja. Masakan ini semakin nikmat bila disajikan sewaktu masih hangat. Saat merasakan suapan pertama akan terasa gurih dan membangkitkan selera makan. Nasi goreng jawa juga cocok untuk menjadi bekal anak anda ke sekolah atau bekal pergi ke kantor.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design