Cara Memasak Ikan Bakar Khas Padang

Resep Lezatnya Ikan Khas Padang
Indonesia adalah negara bahari dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Gugusan pulau, luasnya samudera dan penghuni bawah lautnya mudah ditemukan di negeri khatulistiwa tercinta. Tak heran bila penduduknya senang makan masakan laut. Kekayaan laut melimpah di Indonesia. Apalagi ikan dan makanan laut ini sangat baik dikonsumsi oleh tubuh. Berbagai resep masakan laut dari udang, cumi, ikan, kerang memiliki banyak penggemar. Begitu pula dengan beragam bumbu khasnya. Salah satunya yaitu bumbu atau saus khas padang. Pasti Anda pernah mencobanya, bukan? Nah sebenarnya resep ikan bakar khas padang tidak serumit yang dibayangkan. Mudah sekali malah. Tanpa harus ke restoran seafood atau warung pinggir jalan yang menyediakannya, Anda bisa menyajikan untuk keluarga tercinta di rumah. Yuk, kita coba. 

cara memasak ikan bakar khas padang yang enak

Ikan yang bisa digunakan di resep ini berbagai macam. Ikan laut atau ikan air tawar tak masalah. Yang harus diperhatikan dalam membuat ini adalah bumbunya dan kesegaran bahan bakunya. Maka perhatikan ketika memilih ikan, coba beli ikan yang masih segar. Ikan segar dapat dilihat dari sisik dan kulitnya yang masih mengkilat melekat di daging, insangnya berwarna merah segar tidak kering, mata ikan penuh terlihat menonjol dan bersinar. Ikan segar juga bisa diperhatikan dari bentuk perutnya tidak bengkak atau kempis. Lalu bila ditekan dengan telunjuk tangan akan kembali ke bentuk semula. Untuk resep ini Anda dapat memakai ikan kembung atau ikan bawal. 

Pertama ikan kembung atau ikan bawal segar ukuran sedang dibersihkan dulu sisik-sisiknya, cuci bersih. Siapkan 1 buah jeruk nipis, ambil airnya minimal 1 sdm, 3 siung bawang putih yang dihaluskan, 2 sdm mentega dicairkan, 1/s sdm garam dapur dan santan 50 ml untuk 1 ikan atau ¼ bagian 1 butir kelapa jika 6 ikan kembung yang dipakai. Sedangkan bumbu yang dihaluskannya yaitu 4 sdm cabe merah besar giling, ¼ sdm merica bubuk, 3 sendok makan kunyit giling, ¼ sdm gula, ½ sdm garam, 7 butir bawang merah, 4 butir bawang putih, 3 lembar daun jeruk dan 3 batang sereh. Bila Anda hanya menyiapkan 1 ekor ikan, jumlah bawang merah bisa dikurangi jadi 6 butir dan bawang putih 2 butir saja, 1 sdm cabe merah giling.

Anda bisa melumuri ikan dengan air jeruk nipis, garam, bawang putih dan mentega cair. Diamkan selama 3-5 menit. Bumbu halus dicampur dengan santan dapat pula dilumuri ke tubuh ikan dan diamkan 30 menit, lalu setelah resep bumbu semua siap, lalu membakar ikan. Sebelum dibakar, oleskan semua bumbu tersebut agar meresap ke ikan. Siapkan bara api dan panggangannya. Ikan siap dibakar dengan dibolak-balik sampai merata kecoklatan dan matang. Anda bisa menambahkan bumbu kecap jika suka. Ikan bakar khas padang siap dinikmati, rasanya tak kalah dari restoran.Semoga bermanfaat ya...
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design