Resep Gulai Kikil Padang

Sedapnya Gulai Kikil Padang
Masakan gulai banyak terdapat di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Meski gulai konon dipengaruhi oleh masakan asli India, citarasanya yang khas tetap menggoda banyak orang. Gulai memang memiliki rasa pedas dengan bumbu-bumbu lainnya menyatu membentuk ciri khas sendiri. Di masyarakat Indonesia, gulai pun punya banyak penggemar.

Beragam jenis gulai bisa kita temukan di masakan padang. Ada gulai ayam, gulai kepala kakap, gulai ikan tongkol, gulai daging sapi dan banyak lagi. Diantaranya ialah gulai tunjang atau gulai kikil padang. Kikil adalah bagian dari kaki sapi yang bertekstur kenyal. Namun rasanya tak kalah lezat dari daging lainnya. Anda termasuk yang menyenangi masakan satu ini? Tak ada salahnya mencoba resep gulai kikil padang berikut ini.
Masyarakat padang menyebut gulai yang satu ini dengan gulai tunjang.
Gulai tunjang terbuat dari kikil sapi. 

resep gulai kikil padang yang enak
Bahan-bahan
Siapkan 500 gr sampai 1 buah kaki sapi atau kerbau, pilih yang berkualitas baik. Kemudian santan sekitar 4 gelas dari 1 butir kelapa (sekitar 750-800 ml santan), 1 liter air untuk merebus, 1 lembar daun kunyit bisa disimpulkan dan agak dicabik agar segar, 2-3 lembar daun jeruk, 1 batang serai dimemarkan, 2 potong asam kandis. Bila asam kandis tidak tersedia bisa memakai ½ sdt pasta asam. Anda siapkan untuk bumbu yang dihaluskan terdiri dari 8-10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 100 gr cabai merah keriting atau 5 buah cabai yang dibuang bijinya, 1 cm kunyit atau 1/s sdt kunyit bubuk. Bumbu halus lainnya 2 cm lengkuas, 4-6 buah kemiri, 2 cm jahe, 1 sdt garam atau secukupnya saja.

Cara Memasaknya
Kaki sapi dibersihkan dulu, pisahkan bagian kikil dari tulang. Rebuslah air sampai mendidih, masukkan kikil. Rebus kikil dalam panci sedang selama kira-kira 20 menit atau sampai empuk. Angkat, tiriskan dan potong-potong bagian kikilnya ukuran dadu atau sesuai selera. Sisihkan sebentar. Tumis bumbu halus dengan tambahan serai, daun jeruk hingga harum. Didihkan santan, campur dengan bumbu halus dan bumbu lainnya. Masukan kikilnya yang sudah disisihkan. Masak dengan api kecil sehingga santan mengental dan keluar minyak. 

Bisa pula ditambahkan asam agar lebih gurih. Perhatikan jika bumbu sudah meresap bisa diangkat. Tapi jangan sampai airnya kering. Apabila sudah terlihat berwarna kemerahan tandanya gulai kikil padang siap disajikan. Oya, ada tambahan lain. Sebaiknya sisa rebusan kikilnya jangan dipakai lagi, segera dibuang. Bila ingin kikil lebih empuk dan gurih ketika dinikmati, Anda dapat menggunakan panci presto.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design