Cara Memasak Beras Merah Organik Yang Enak

Beras merupakan salah satu bahan makanan yang jika diolah akan menghasilkan nasi yang merupakan salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia. Terdapat berbagai macam jenis beras termasuk beras merah. Beras tersebut banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet karena kandungan serat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras putih yang banyak dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

Beras merah sangat baik untuk tubuh terutama beras merah organik. Beras tersebut dihasilkan dari proses organik yang tidak menggunakan pestisida kimia dan ditanam di tanah yang ramah lingkungan. Penggunaan pupuk hijau, kompos atau pupuk bio hayati sebagai makanan bagi tumbuhan dan penggunaan pestisida yang alami membuat beras yang dihasilkan terbebas dari bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh. Beras merah terutama beras merah organik memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu:

Cara Memasak Beras Merah Organik Yang Enak

• Membantu untuk menurunkan berat badan karena kandungan karbohidrat kompleks dari beras merah yang dapat memberikan energi secara berkala sehingga perut tidak cepat lapar.
• Membantu menyehatkan pencernaan sehingga terhindar dari masalah pencernaan
• Membantu untuk mengontrol kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) terutama untuk orang uang menderita diabetes dan yang memiliki masalah dengan kolesterol
• Mencegah penyakit batu empedu karena kandungan serat yang ada di beras merah yang tinggi namun mudah untuk dicerna yang dapat membantu untuk melarutkan sisa makanan sehingga dapat membentuk empedu yang sehat
• Sebagai sumber antioksidan karena kandungan vitamin dan mineral
• Membantu menjaga kesehatan tulang karena mengandung magnesium, vitamin D dan kalsium yang dapat membantu untuk menjaga tulang dan gigi.

Ketika membersihkan beras merah organik tidak berbeda dengan cara memasak beras putih maupun beras hitam, namun cara memasaknya sedikit berbeda. Cara memasak beras merah organik yang enak yaitu:

1. Masukkan 3 gelas beras merah organik atau sesuai dengan selera ke saringan beras di bawah air mengalir agar kotoran tidak hilang dan mengurangi pembentukan peti ketika dimasak.
2. Pindahkan ke dalam mangkuk.
3. Siapkan panci dan beri air kemudian didihkan. Takaran perbandingan antara 1 cangkir beras dengan air adalah 1:10 (1 cangkir ±237 ml).
4. Setelah air mendidih, masukkan beras merah organik dan kecilkan api menjadi sedang
5. Masak ± 30 menit tanpa ditutup
6. Gunakan sendok untuk menghilangkan busa pati yang berada di permukaan nasi ketika dimasak.
7. Saring air beras hingga air habis.
8. Masukkan kembali beras ke dalam panci dan tutup.
9. Masak kurang lebih 10 hingga 15 menit.
10. Setelah matang, pindahkan ke tempat nasi dan nasi beras merah organik siap dihidangkan.

Beras merah termasuk beras merah organik membutuhkan waktu pemasakan yang berbeda dengan beras putih karena beras merah adalah versi mentah dari beras putih mentah. Beras tersebut masih memiliki kulit luar dan kulit ari. Kelebihan dari kulit ari dan kulit luar adalah waktu menanak beras merah menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan beras putih.

Karena beras merah termasuk beras merah organik memiliki kulit ari dan kulit luar yang mengandung protein, kalsium, tiamin, magnesium, serat dan potasium, menyebabkan jenis beras ini banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan diet. Kulit ari dan kulit luar yang ada pada beras tersebut juga menyebabkan beras merah menjadi lebih ringan dicerna oleh perut manusia sehingga memudahkan sistem pencernaan.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design