Cara Memasak Beras Merah untuk Bayi yang Bergizi

Beras merah memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk orang dewasa namun juga untuk bayi. Bayi membutuhkan makanan dengan banyak nutrisi dan gizi untuk membantu tumbuh kembangnya. Bayi yang memiliki nutrisi dan gizi yang cukup memiliki pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan otak yang optimal. Selain itu, bayi juga akan memiliki kesehatan yang lebih baik.

Dalam beras merah, terdapat berbagai macam nutrisi yang bagus untuk dikonsumsi oleh semua orang termasuk bayi. Kandungan kulit ari pada beras tersebut dapat membantu dalam perkembangan otak. Mineral yang terkandung dapat membantu untuk menunjang pertumbuhan pada tulang, gigi dan otot bayi. Beras merah juga memiliki manfaat lainnya untuk bayi. Manfaat tersebut diantaranya adalah:

Cara Memasak Beras Merah untuk Bayi yang Bergizi

• Membantu dalam pembentukan energi yang ada dalam sel tubuh bayi karena mengandung vitamin B1, B12, B6 yang cukup tinggi.
• Kandungan serat yang tinggi dapat membantu dalam sistem pencernaan.
• Kandungan zat besi dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan zat besi yang dapat berguna untuk pertumbuhan bayi.
• Membantu dalam perkembangan jaringan saraf dan jantung bayi karena kandungan zat tamin.
• Membantu perkembangan sistem saraf rangka bayi disebabkan kandungan fosfor dalam beras merah.
• Membuat bayi memiliki tidur yang cukup jika dikonsumsi secara teratur.
• Membuat bayi tidak mudah lapar sehingga mengurangi bayi bangun tengah malam.

Beras merah dapat dibuat menjadi tepung sebagai persediaan untuk makanan pendamping ASI untuk bayi. Cara membuat tepung beras merah yaitu:

• Beras merah dengan takaran sesuai selera direndam selama 24 jam hingga beras tersebut pecah kulit yang mengandung seng, kalsium dan zat besi yang mudah diserap tubuh bayi.
• Cuci beras merah tersebut dengan bersih lalu tiriskan.
• Tumbuk beras merah dengan menggunakan dry mill atau menggunakan ulekan.
• Ayak hasil tumbukan dengan saringan untuk memisahkan bagian yang telah halus dan yang masih kasar.
• Bagian yang masih kasar dapat dihaluskan kembali.

Salah satu resep cara memasak beras merah untuk bayi yang bergizi dengan menggunakan tepung beras merah yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan seperti 35 gr tepung beras merah, 100 ml kaldu ayam, tempe yang telah dikukus dan dipotong kotak-kotak 50 gr. Cara membuatnya adalah didihkan air kaldu. Campurkan air kaldu yang telah matang dengan tepung beras merah. Masukkan tempe yang telah dipotong. Aduk dan masak hingga matang. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Tepung beras merah tersebut juga dapat digunakan untuk membuat bubur wortel yang cocok untuk dikonsumsi bayi dengan usia 6-12 bulan. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak tidak lama yaitu hanya sekitar 20 menit. Bahan yang harus disiapkan adalah air matang 100 ml, ASI atau larutan susu formula 200 ml, tepung beras merah 2 sendok makan, wortel 60 gr. Cara memasak bubur tersebut adalah dengan merebus dan menghaluskan wortel yang telah dicuci dengan bersih terlebih dahulu. Melarutkan tepung beras merah yang telah dibuat dan disiapkan ke dalam air, lalu aduk hingga rata. Masak dengan api kecil hingga matang, kemudian masukkan wortel dan aduk rata. Angkat. Beri asi atau larutan susu formula kemudian aduk hingga rata. Bubur untuk 2 porsi ini dapat segera diberikan pada si kecil. Nutrisi yang terkandung dalam bubur wortel beras merah adalah energi (84 kkal), protein (2,8 gr), lemak (1,1 gr) dan karbohidrat (15,7 gr).
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design