Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen

Beras merah merupakan beras yang mengandung banyak serat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk membantu pencernaan karena kulit ari yang ada pada beras merah. Beberapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi beras tersebut dibandingkan dengan beras putih karena beras merah baik untuk orang yang sedang melakukan diet, bayi atau orang yang menderita diabetes.

Namun, tidak jarang orang melakukan kesalahan ketika memasak beras merah karena cara memasak beras ini berbeda dengan beras putih. Kesalahan dalam pemasakan beras merah, dapat mempengaruhi kualitas nasi yang dihasilkan. Salah satunya adalah jumlah air yang digunakan. Air yang terlalu sedikit akan menyebabkan nasi masih memiliki tekstur yang keras, namun terlalu banyak air akan membuat nasi yang dihasilkan menjadi lembek.

Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen

Kesalahan yang biasanya dilakukan orang ketika memasak beras merah diantaranya yaitu:

• Terlalu sering mengaduk karena ketika proses mengaduk yang terlalu sering, dapat mengaktifkan kandungan pati yang ada pada beras sehingga nasi akan menempel satu sama lain. pengadukan nasi yang terlalu sering, juga dapat menyebabkan nasi menjadi lembek dan hancur.
• Besarnya api yang digunakan. Ketika memasak beras merah, jangan menggunakan api yang besar. Jika temperatur api terlalu tinggi, akan menyebabkan air menguap lebih cepat dan beras belum matang sehingga nasi akan gosong.

Sehingga, diperlukan cara tersendiri agar beras merah yang dihasilkan lebih pulen dan enak untuk dimakan. Cara memasak beras merah agar pulen yaitu:

• Cuci beras merah terlebih dahulu. Cara mencuci beras merah sama ketika mencuci beras putih .
• Siapkan panci atau ketel untuk menanak nasi.
• Masukkan beras merah dan tambahkan air bersih dengan perbandingan beras merah dan air adalah 1:4.
• Diamkan beras terlebih dahulu sekitar 30 menit sebelum menyalakan kompor agar beras menjadi lebih cepat matang, pulen dan lembut.
• Setelah 30 menit, nyalakan api dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi.
• Aduk ketika air mendidih. Jangan diaduk terlalu lama karena akan membuat beras menjadi lembek.
• Tutup panci sebentar lalu buka panci dan masak dengan menggunakan api sedang lalu aduk hingga air hampir habis atau beras terlihat setengah matang.
• Tiriskan beras jika sudah setengah matang. Siapkan dandang untuk mengukus nasi hingga matang.
• Jika ingin rasa beras menjadi lebih gurih, dapat ditambahkan dengan menggunakan garam halus sambil diaduk ketika nasi sudah matang.

Beras merah memang lebih bagus ketika dimasak dengan cara yang manual. Namun dapat juga dimasak dengan menggunakan magic jar atau rice cooker. Tips untuk memasak beras merah dengan menggunakan rice cooker adalah menggunakan air yang lebih banyak dengan takaran 3-4 gelas untuk 1 gelas beras merah. Kedua, mencampurkan beras putih sedikit dengan perbandingan beras merah dan beras putih adalah 3:1. Ketiga, merendam beras sebelum dimasak selama 30-60 menit agar beras menjadi lunak dan cepat matang. Keempat, menambahkan waktu rendaman dan memasak namun jangan membiarkan rice cooker menyala sekitar 60 menit sebelum dimasak.

Walaupun beras merah merupakan beras yang banyak mengandung berbagai macam manfaat, namun, beras ini memiliki kelemahan. Kelemahannya yaitu tidak dapat bertahan lama terutama jika disimpan dalam suhu ruangan dan beras merah mudah apek. Tips agar beras merah dapat bertahan lebih lama adalah dengan menyimpan beras merah di dalam wadah yang tertutup rata dan menyimpannya di almari es.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design