Cara Memasak Beras Merah untuk Diet

Beras merah memiliki banyak manfaat salah satunya adalah untuk orang yang sedang melakukan program diet atau seseorang yang ingin mempertahankan berat badannya. Kulit luar dan kulit ari dari beras merah mengandung protein, magnesium, tiamin, kalsium, serat dan potasium yang baik untuk tubuh salah satunya adalah membantu sistem pencernaan untuk mencerna makanan yang dimakan.

Beras merah mengandung banyak gizi. Kandungan nutrisi yang ada dalam beras merah diantaranya yiatu selenium, magnesium, protein, asam amino triptofan, lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks. Dalam satu cangkir beras merah, terdapat 27,3% selenium, Mangan sebesar 8,8%, 20,9% magnesium, tripofan 18.7%, kalori sebesar 12% dan vitamin B6 sebesar 23%.

Cara Memasak Beras Merah untuk Diet

Kelebihan dari beras merah diantaranya yaitu:

• Dapat membuat kenyang lebih lama karena mengandung karbohidrat komplek yang dapat menambah energi secara berkala dan lebih lama.
• Membantu sistem pencernaan karena kandungan serat yang lebih tinggi 6 kali lipat dibandingkan dengan nasi putih.
• Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu dengan membantu pembentukan sel darah merah, mengaktifkan enzim penting yang berperan dalam pembentukan tulang.
• Membantu untuk memproduksi sel DNA.
• Membantu mengontrol kadar gula darah.
• Memiliki banyak zat anti oksidan yang lebih tinggi dari beras putih. Zat tersebut dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Beras merah dapat dimodifikasi dengan menjadikannya berbagai macam menu yang dapat dijadikan untuk diet. Salah satu cara memasak beras merah untuk diet adalah dengan membuat beras merah menjadi bubur beras merah. Bahan yang diperlukan yaitu:

• Beras merah 150 gr, rendam sekitar 3 jam lalu tiriskan.
• Kaldu ayam 1 liter.
• Ubi merah 90 gr, kupas dan potong dadu kecil.
• Labu kuning 150 gr, kupas, lalu potong adu kecil.
• Jagung manis pipilan 1 sdm.
• Daging ayam 100 gr, rebus, potong dadu.
• Garam 1 sdt.

Cara untuk membuat bubur beras merah yaitu dengan merebus beras merah yang telah direndam tersebut dengan menggunakan kaldu hingga menjadi bubur. Kemudian masukkan ubi merah, jagung manis, labu kuning, daging ayam dan garam. Aduk dan masak hingga semua bahan matang. Angkat dan sajikan. Makanan dapat dimakan tidak hanya untuk orang yang sedang berdiet namun juga untuk anggota keluarga yang lainnya. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam beras merah, ubi dan jagung, akan membuat perut menjadi lebih kenyang.

Menu lain yang dapat dimakan ketika diet adalah nasi panggang beras merah. Bahannya adalah 2 cup beras merah yang telah dimasak, tauge 100 gr, pak choy 100 gr, daging ayam 250 gr, brokoli 60 gr, cabai besar 1 buah, daun bawang 1 batang iris menyamping, bawang putih 5 siung iris tipis, garam dan lada masing-masing ¼ sdt, daun pisang dan tusuk gigi.

Cara membuat isian adalah tumis bawang putih dan daun bawang hingga wangi. Masukkan daging ayam kemudian tumis hingga setengah matang. Tambahkan tauge, pak choy, brokoli, cabao, lada, garam. Tumis sebentar dan angkat lalu bagi menjadi 4 bagian. Lalu taruh tumisan yang telah matang ke daun pisang yang telah diisi dengan nasi. Bungkus dan sematkan tusuk gigi di masing-masing ujung daun pisang. Panggang selama 20-30 menit dengan suhu 180oC. angkat hidangkan. Gizi per porsi adalah energi (341,9 kkal), lemak (10,4 gr), karbohidrat (44,4 gr), serat (4,7 gr), protein (17,7 gr).
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design