Cara Memasak Beras Merah untuk Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang harus dikontrol setiap saat agar kondisi tidak semakin memburuk. Jika tidak, penyakit tersebut akan mempengaruhi komplikasi pada organ dalam. Salah satu penyebabnya adalah diet yang tinggi lemak. Misalnya banyak mengkonsumsi permen, gorengan atau makanan dengan lemak yang banyak. Salah satu makanan yang dapat dikonsumsi adalah beras merah.

Beras merah mengandung antosianin yang merupakan sumber warna ungu atau merah dan dipercaya memiliki banyak manfaat. Beras merah memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi. Protein yang terkandung sangat tinggi yang menyebabkan kandungan tiamin yang ada juga tinggi sehingga membantu menjaga sistem syaraf dan jantung. Beras merah baik untuk penderita diabetes karena mengandung serat yang tidak cepat diubah menjadi gula dan dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme.

Cara Memasak Beras Merah untuk Diabetes

Cara memasak beras merah untuk diabetes yaitu:
• Membilas beras merah dengan bersih lalu tiriskan dan pindahkan ke mangkuk.
• Siapkan panci dan beri air dengan takaran beras merah berbanding air yang digunakan adalah 1:10 gelas. 1 gelas air kira-kira 237 ml.
• Masukkan beras setelah air mendidih dan masak sekitar 30 menit tanpa ditutup dan dengan api kecil.
• Beras merah akan menghasilkan busa pati sehingga buang busa tersebut yang berada di atas permukaan nasi dengan menggunakan sendok.
• Matikan api setelah 30 menit dan saring air beras.
• Masak kembali dengan menggunakan panci yang telah disiapkan.
• Jangan lupa untuk ditutup dan dimasak sekitar 10-15 menit.
• Pindahkan ke tempat nasi setelah nasi matang.

Manfaat dari mengkonsumsi beras merah termasuk untuk penderita diabetes adalah:
1. Mengurangi resiko terkena kanker kolon atau usus besar karena terdapat selenium dan polifenol yang tinggi.
2. Menyehatkan sistem pencernaan karena kandungan fenol dan serat yang tinggi.
3. Mencegah penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.
4. Membantu untuk menurunkan kolesterol jagat dan meningkatkan kolesterol baik.
5. Membantu untuk menjaga berat badan ideal.
6. Beras merah dapat membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil dan tahan lama.
7. Membantu menjaga kesehatan sistem syaraf.
8. Menjaga kesehatan tulang karena terdapat magnesium, kalsium dan vitamin D. Dalam 1 cangkir beras merah, terdapat 21% persen magnesium dari kebutuhan harian tubuh.

Pengaturan makanan untuk penderita diabetes harus diperhatikan dengan teliti. Dalam satu hari, seseorang sebaiknya makan sehari lima kali yaitu sarapan, cemilan pagi kemudian makan siang, cemilan sore, makan malam. Porsi yang diberikan juga harus diperhatikan. Misalnya dalam 1 piring nasi, terdapat ¼ piring nasi lebih baik menggunakan beras merah, ½ piring sayuran, ¼ piring lauk pauk.

Salah satu masakan dari beras merah adalah bubur Manado beras merah. Bahan yang diperlukan yaitu beras merah 200 gr yang dicuci bersih dan ditiriskan, air 2 liter, ubi jalar merah 100 gr, singkong 100 gr, labu kuning 100 gr, pipil jagung muda 300 gr, daun melinjo muda 50 gr, daun kangkung 50 gr, daun bayam 50 gr, daun bawang 25 gr, serai dan kunyit.

Cara membuatnya yaitu dengan memasak beras merah dengan air, serai, kunyit ditambahkan dengan sedikit garam hingga matang. Tambahkan ubi merah, labu kuning, singkong dan pipil jagung. Aduk hingga lunak dan kental. Masukkan garam dan gula. Aduk sebentar lalu tambahkan sayur yang di siapkan. Angkat ketika sayur masih setengah matang. Bubur ini dapat disajikan dengan ikan tongkol dan ikan dabu-dabu.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design