Cara Memasak Beras Merah Biar Empuk

Beras merah ialah sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Selain itu, bahan makanan yang satu ini diperkaya akan banyak manfaat yang luar biasa. Bukan hanya karena rasa yang enak saja, tapi besarnya khasiatnya. Maka tak heran bila tujuan utama dari konsumsi beras merah ini untuk mengatasi beberapa resiko penyakit, salah satunya ialah Kolesterol. Seperti yang diketahui bahwa kolesterol yang berlebih tak baik untuk tubuh, yang tumbuh semakin banyak tak disadari dengan seksama. Untuk itu, Anda perlu mengkonsumsi makanan ini sebagai salah satu perawatan nan pengobatan yang alami.

Cara Memasak Beras Merah Biar Empuk

Teruntuk beras merah itu sendiri pun mempunyai ragam manfaat yang bisa diolah dan diproses secara natural. Namun pada proses pengolahan tersebut, beras merah relative lebih lama dibanding dengan beras putih. Sehingga, Anda harus memperhatikan beberapa faktor penting untuk pengolahannya, seperti:

• Membutuhkan air yang lebih banyak.
• Waktu memasak yang relative lebih lama.
• Membutuhkan beberapa proses agar olahannya menjadi empuk.

Tidak bisa dipungkiri bahwa beras merah ini mempunyai pengolahan yang relative lebih rumit. Bahkan tekstur yang dihasilkan oleh sajian matang dari beras merah ini lebih cenderung keras dan tak empuk. Sekalipun demikian, Anda bisa memasaknya dengan mudah sekaligus pada tekstur yang pulen. Sajian menu yang bisa dikonsumsi tanpa harus merasakan sajian rasa yang terlalu keras.

Untuk menjadikan masakan beras merah lebih empuk, Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhananya. Dimana cara memasak beras merah biar empuk tanpa harus ribet. Sederhana namun hasilnya luar biasa. Berikut ialah langkah-langkahnya:

• Cucilah beras merah sampai bersih
• Setelah bersih segera direndam dalam air bersih selama 30 sampai 40 menit
• Sedangkan untuk airnya harus lebih banyak yaitu dengan perbandingan beras 1 gelas dan 4 gelas untuk airnya.
• Panaskan air tersebut terlebih dahulu sampai mendidih, kemudian masukkan beras merah pelan-pelan. Aduk hingga rata sebentar saja lulu tutup yang rapat.
• Setelah dirasa beras telah dalam keadaan setengah matang, angkat dan buka tutup tersebut. Aduk sebentar dan biarkan dalam keadaan terbuka.
• Setelah itu, beras merah harus dikukus dengan dandang. Bila perlu ditambahkan dengan garam halus untuk menambah rasa yang pulen.

Seperti itulah tahap-tahap pengolahan beras merah yang empuk, yang kira-kira membutuhkan waktu sangat lama. Tapi dalam waktu tersebut akan menjadikan rasa yang istimewa tanpa rasa yang keras. Untuk itu, perhatikanlah segi waktu yang digunakan, agar rasa yang dihasilkan tak sia-sia. Sehingga, beras merah yang dihasilkan pun bisa dimakan secara langsung dan bisa ditambahkan dengan lauk yang lainnya. Bisa dijadikan sebagai makanan pengganti beras, namun bisa pula dimasak secara jarang-jarang.

Sebagai seorang yang mempunyai penyakit kolesterol tinggi, Anda bisa mengkonsumsi ini secara rutin, supaya penyakit tersebut bisa lebih cepat untuk sembuh. Bukan hanya itu saja, beras merah yang dimasak mampu mengatasi beberapa penyakit serta bermanfaat bagi tubuh. Sebagai bahan pangan pokok dan juga sebagai obat alami dengan rasa yang oke. Sekalipun pengolahannya cenderung ribet, namun Anda bisa lebih bersabar, karena dari proses tersebut Anda bisa mendapatkan khasiat lebihnya. Pun demikian, pastikanlah beras merah yang Anda olah itu merupakan bahan yang terbaik, bisa terlebih dahulu dipisahkan dari gabahnya. Karena terkadang gabah dan berasnya tersebut tercampur. Sehingga, Anda bisa mengolahnya dalam keadaan bersih dan matang dengan empuk. Bisa pula ditambahkan dengan garam halus tersebut untuk menambahkan rasa pulen, jadi empuk nan pulen itu.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design