Cara Memasak Beras Merah yang Benar

Beras merah ialah sumber karbohidrat yang relative tinggi yang mempunyai tekstur seperti beras putih. Sekalipun hampir sama, namun mereka mempunyai nutrisi dan pengolahan yang tidak sama. Dimana beras merah ini lebih spesial dengan kadar nutrisi yang lebih, bahkan bisa dijadikan sebagai perawatan alami atas beberapa penyembuhan suatu penyakit, seperti kolesterol. Seperti yang diketahui bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan tidak mudah untuk diatasi. Pun begitu, sekalipun Anda tak memiliki penyakit ini, Anda bisa mengonsumsinya karena baik pula bagi kesehatan.

Cara Memasak Beras Merah yang Benar

Untuk pengobatan alami ataupun untuk dikonsumsi secara biasa, beras merah ini mempunyai pengolahan yang sama. Sebuah proses pemasakan beras yang lebih kompleks daripada beras lain. Sehingga, bila cara yang Anda lakukan tersebut salah, maka hasilnya nanti tak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini dalam pengolahan beras merah, yaitu:

• Merendam terlebih dahulu sebelum dimasak.
• Menggunakan air yang lebih bisa 3x lipat.
• Mengolah dengan cara khusus yaitu dengan manual tanpa rice cooker.

Dari beberapa kriteria tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa pengolahan merah ini hampir sama dengan cara tradisional. Karena dari langkah ini, merupakan suatu proses yang benar untuk menjadikan rasa dan tekstur yang oke, yaitu rasa yang pulen dan tekstur yang empuk nan lembut. Terlebih lagi, beras merah ini dikenal dengan pengolahan yang sulit, dikarenakan hasil masaknya lebih relative berasa keras dan tak enak.

Teruntuk itu, Anda perlu mengetahui cara memasak beras merah yang benar, untuk mendapatkan sajian menu masakan yang lezat. Bila tidak, maka sajian yang sedap tak akan pernah Anda peroleh, yang bukan dijalankan secara sembarangan. Dengan begitu, perhatikan beberapa tips tersebut, lalu diterapkan dalam proses pengolahannya. Sehingga, hasil masakannya nanti akan lebih nikmat tanpa rasa keras, yaitu dengan rasa enak nan empuk.

Berikut ini ialah beberapa langkah yang benar untuk memasak beras merah, agar hasilnya nanti tak mengecewakan. Bisa menjadi sajian yang enak nan bermanfaat, diantaranya:

• Cucilah beras merah hingga bersih, lalu rendam sampai tertutup air semuanya, sekitar 30 sampai 60 menit.
• Setelah itu, siapkan air sekitar 3x sampai 4x lipat dari jumlah beras yang digunakan, tetapi masak air terlebih dahulu tidak bersamaan dengan berasnya.
• Setelah mendidih, beras siap dimasukkan, lalu diaduk dan kemudian ditutup sampai setengah matang
• Dalam keadaan separuh matang itu, beras siap dikukus, tapi terlebih dahulu beras diaduk dan biarkan dalam keadaan terbuka.
• Kukus hingga matang dan kemudian siap untuk dihidangkan.

Dari beberapa procedure itu, dapat dipastikan bahwa olahan beras merah bisa dengan enak karena melalui proses yang benar. Dan sebaiknya Anda pun harus bersabar karena dalam proses ini, beras merah membutuhkan waktu yang relative lebih lama. Sehingga, Anda bisa memperhitungkan terlebih dahulu waktu tersebut agar lebih terhandle. Namun yang lebih pasti, waktu tersebut relative, bisa kurang ataupun lebih sedikit saja.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih beras merah yang bersih dan berkualitas, agar saat diolah nanti tidak tercampur dengan ragam padi merah yang bersangkutan. Sehingga, dalam olahan nantinya hanya beras merah yang bukan hanya enak, tetapi bersih dan pulen. Sebagai rasa yang sempurna atas masakan beras bernutrisi tinggi ini untuk dikonsumsi sebagai sumber karbohidrat di dalam tubuh hingga sebagai obat alami untuk mengobati serta mencegah beberapa penyakit berbahaya yang lainnya.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design