Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Yang Enak Dan Mudah Dibuat

Indonesia memang memiliki segudang resep masakan tradisional yang tersebar luas dari ujung timur sampai ujung barat indonesia. Salah satunya yaitu resep sambal goreng kentang yang memakai bahan dasar kentang. Selain sambal goreng ati, sambal goreng tempe, ataupun sambal goreng krecek. Sambal goreng kentang adalah salah satu resep tradisional khas indonesia yang rasanya sangat enak, gurih, pedas, dan juga nikmat. dan juga digemari oleh semua orang. Dengan memakai bumbu tradisional yang berasal dari rempah-rempah alami ditambah dengan cabai dan juga santan. citarasa resep sambal goreng kentang tersebut memang mempunyai ciri khas tersendiri yang membuatnya digemari oleh banyak orang. Selain itu juga, cara bikin sambal goreng kentang ini lumayan gampang dan bahan-bahan yang diperlukannya juga sangat gampang untuk didapatkan serta harganya yang terjangkau.

Bagi anda yang menyukai masakan yang berbahan dasar kentang serta suka makanan yang pedas tentu telah tidak asing lagi dengan masakan sambal goreng yang akan kita buat pada kesempatan kali ini. Meskipun ada juga resep sambal goreng kentang yang tidak memakai santan, namun kali ini kita akan memakai santan yang alami dari perasan kelapa agar perpaduan rasanya lebih gurih dan juga lezat.  Bagi anda yang menderita kolesterol anda tidak usah khawatir, santan yang dipakai tidak terlalu banyak kok sehingga insyaallh aman bagi kesehatan. Resep makanan tradisional yang akan saya buat kali ini memakai bumbu sambal goreng yang sama dengan yang dipakai untuk buat krecek, Hanya ada beberapa perbedaan sedikit agar lebih enak dan juga nikmat.

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Yang Enak Dan Mudah Dibuat, cara bikin sambal kentang goreng

Pada dasarnya, resep sambal goreng kentang petai tersebut citarasanya lumayan pedas. namun bagi anda yang kebetulan bermasalah dengan penyakit lambung ataupun maag, pemakaian buah cabai merah yang dapat dikurangi sesuai dengan selera. Atau dapat juga sebaliknya ditambah ataupun diberi tambahan cabai merah keriting. Bagi anda yang sungguh-sungguh menyukai makanan pedas. Untuk bumbu sambal goreng kentangnya tidak usah dikurangi. Cukup nanti disesuaikan dengan garam dapurnya saja agar lebih pas rasanya. Bagi yang telah tidak sabar, silahkan simak cara membuat sambal goreng kentang beserta dengan bahan-bahan dan juga bumbu sambal kentang goreng apa saja yang diperlukan dibawah ini.

Bahan-bahan untuk resep sambal goreng kentang petai beserta santan:
  • Sesuai dengan namanya, resep tradisional tersebut memerlukan kentang berkualitas bagus sekitar 500 gram saja. Setelah itu kupas kulitnya lalu cuci dengan air bersih kemudian potong-potong berbentuk kotak kecil sesuai dengan selera.
  • Sediakan Petai sekitar 1 papan saja (dapat tidak dipakai jika tidak suka). Kupas kulit luarnya kemudian belah menjadi dua mata petainya.
  • Sediakan Daun jeruk segar sekitar 2 lembar saja.
  • Sediakan Serai berukuran sedang sekitar 1 batang saja. kemudian cuci hingga bersih dan memarkan ataupun digeprak agar aromanya keluar.
  • Sediakan Santan murni yang diambil dari parutan kelapa sekitar 200 ml saja.
  • Sediakan Lengkuas yang telah dimemarkan sekitar 2 cm saja.
  • Sediakan Daun salam sekitar 1 lembar
  • Sediakan Air asam jawa sekitar 2 sdm.
  • Sediakan Gula merah yang telah disisir halus sekitar 1 sdm
  • Sediakan Minyak goreng sesuai kebutuhan untuk menggoreng kentang serta menumis bumbu sambal goreng kentangnya.
Bumbu Sambal Goreng Kentang Yang Lezat:
  • Sediakan Bawang putih ukuran sedang sekitar 3 siung. kemudian kupas kulit luarnya lalu potong-potong agar gamang ketika diuleg.
  • Sediakan Bawang merah ukuran sedang sekitar 6 siung. kemudian kupas kulit luarnya lalu potong-potong menjadi beberapa bagian.
  • Sediakan Buah cabai merah sesuai dengan selera atau sekitar 6-8 buah. Cucilah sampai bersih lalu iris-iris agar gampang ketika diuleg nantinya.
  • Sediakan Jahe sekitar 1 cm.
  • Sediakan Buah tomat ukuran sedang sekitar 1 buah agar warnanya lebih menarik.
  • Sediakan kemiri sekitar 4 butir.
  • Sediakan kaldu instan rasa ayam sedikit saja atau sekitar 0,5 sendok kecil.
  • Sediakan garam dapur beryodium sesuai kebutuhan atau sekitar 1/4 sdt.
Cara membuat sambal goreng kentang yang mudah dan nikmat:
  1. Sediakan penggorengan/wajan dengan api yang sedang serta berikanlah minyak goreng sesuai kebutuhan. masukkan kentang yang telah dipotong dadu lalu masak hingga matang serta berwarna keemasan kemudian dinginkan.
  2. Haluskanlah dengan cara diuleg bumbu-bumbu diatas, misalnya seperti cabai, bawang putih, bawang merah, kemiri, tomat, jahe, dan juga beri garam dan juga kaldu instan sesuai kebutuhan hingga sungguh-sungguh halus agar aroma serta rasanya lebih lezat.
  3. Sediakan alat penggorengan dengan api sedang lalu tuangkan minyak goreng sekitar 2 sdm.
  4. Tambahkan bumbu halus diatas tadi serta masaklah sambil diaduk-aduk sebentar agar tercampur rata.
  5. Campurkan potongan petai, batang serai, lengkuas, daun jeruk, yang telah dimemarkan serta daun salamnya kemudian aduk-aduk hingga matang dan juga tercium bau wangi khas tumisannya.
  6. Tuangkan santan, gula merah, dan juga air asam jawa kemudian aduk-aduk lagi hingga agar semua bahan tercampur dengan rata.
  7. Setelah itu, aduk-aduk terus hingga santannya agak sedikit menyusut kemudian campurkan potongan kentang yang telah digoreng sebelumnya (ataupun bahan-bahan yang lain misalnya seperti udang, ati ataupun yang lainnya).
  8. Kemudian masaklah dan aduk-aduk lagi hingga bumbu meresap kedalam kentangnya serta agak mengering.
  9. Cicipi terlebih dahulu serta tambahkan garam dapur jika dibutuhkan, aduk-aduk lagi hingga kering kemudian angkat dan hidangkan.
Rupanya cara bikin sambal goreng kentang dengan bumbu santan diatas lumayan gampang sekali bukan? Meskipun pada dasarnya resep masakan tradisional tersebut kini kalah dengan resep modern, namun tidak ada salahnya bukan jika kita memasak sambal goreng kentang untuk dijadikan menu sajian masakan dirumah. anda semua dapat mengkreasikannya dengan menambahkan udang, daging atau bikin resep sambal goreng kentang hati dengan resep yang ada diatas agar keluarga anda tidak bosan. Demikian resep yang saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design