Cara Membuat Sayur Lodeh Yang Enak Dan Juga Mudah

Sayur lodeh adalah salah satu masakan tradisional yang tidak lekang oleh jaman. sayur tersebut memang terlihat sederhana dan juga standar, namun keunikan citarasanya memang bikin resep masakan berkuah kental tersebut sangat banyak sekali digemari oleh masyarakat, khususnya bagi anda yang tinggal di pulau jawa, misalnya seperti sayur lodeh khas sunda, lodeh betawi, dan juga lodeh jawa. Seperti juga dengan masakan tradisional yang lain, kita dapat dengan gampang mengkreasikan resep sayur lodeh tersebut memakai bahan-bahan yang yang lain. Untuk menambah citarasanya, kita juga dapat menambahkan potongan daging tetelan, tempe ataupun menambahkan kacang panjang, nangka muda, dan yang lainnya. Selain rasanya yang enak dan juga lezat, cara membuat sayur lodeh juga sangat gampang dan juga simple kok. Bumbu-bumbu resep sayur tersebut juga gampang kita dapatkan dipenjual sayuran keliling yang ada disekitar rumah anda. yang paling penting yaitu adalah kandungan vitamin, mineral dan juga gizi disayurannya. misalnya seperti vitamin A, vitamin C, kalsium serta yang lainnya pun berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Tidak cuman lezat untuk dinikmati dengan nasi putih saja, resep sayur lodeh dengan bumbu spesial yang akan kita bikin nanti juga pas sekali dihidangkan bersama lontong ataupun ketupat. Untuk yang kebetulan sedang ada acara kumpul-kumpul bersama keluarga, teman,ataupun tetangga. resep sayur lodeh ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu hidangan dengan lontong serta kerupuk udang. Untuk menambah citarasanya, anda semua dapat menambahkan irisan tempe ataupun potongan daging tetelan agar lebih gurih dan juga nikmat.

Resep sayur lodeh tersebut adalah salah satu resep sayuran tradisional yang gampang untuk dimodifikasikan sesuai dengan selera. Bahan-bahan sayuran yang dipakaipun dapat dengan gampang ataupun ditambah untuk memperkuat aroma dan juga citarasanya. Pasti saja, serupa seperti masakan yang lainnya yang memakai santan sebagai bahan pokoknya, resep sayur lodeh pada kesempatan kali ini juga alangkah baiknya memakai santan cair murni yang diambil dari perasan parutan kelapa segar. Sebetulnya dapat saja, memakai santan instan yang banyak dijual dipasaran, namun menurut saya rasanya tidak seenak dan juga senikmat jika memakai santan murni.
Sebetulnya untuk membuat resep sayur khas indonesia tersebut tidak memerlukan tips yang khusus. Cara bikinnya pun sangat gampang dan juga sederhana sekali untuk diikuti. Hanya ada 1 hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu ketika proses bikin sayur lodeh tersebut, yaitu santan perlu dijaga tidak boleh sampai pecah. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak resep sayur lodeh berikut dibawah ini.

Resep Sayur Lodeh
Cara Membuat Sayur Lodeh Yang Enak Dan Juga Mudah, cara bikin sayur lodeh yang lezat

Bahan-Bahan Pokok Untuk Bikin Sayur Lodeh Yang Lezat:
  • Sediakan labu siam yang segar sekitar 300 gram, kupas kulitnya lalu potong-potong sesuai dengan selera.
  • Sediakan daun melinjo muda sekitar 90 gram, kemudian cucilah sampai bersih sebelum dipakai.
  • Sediakan kacang panjang segar sekitar 6-7 pcs, kemudian cuci hingga bersih lalu iris-iris pendek atau sesuai selera.
  • Sediakan nangka muda atau tewel, sekitar 210 gram, cucilah hingga bersih lalu iris kotak-kotak kecil atau sesuai dengan selera.
  • Sediakan melinjo sekitar 50 gram.
  • Sediakan daun salam 2-3 lembar.
  • Sediakan terong ukuran sedang sekitar 1 buah, cucilah hingga bersih lalu potong sesuai dengan selera.
  • Sediakan jagung manis yang telah diiris sekitar 1/2 batang.
  • Sediakan santan murni yang diambil dari parutan kelapa 1 butir sekitar 2 liter. tidak boleh memakai santan instan sebab nanti rasanya akan berbeda.
  • Sediakan lengkuas ukuran sedang sekitar 3 cm, cucilah hingga bersih kemudian memarkan sebelum dipakai agar aromanya keluar.
  • Sediakan Cabai hijau sekitar 2-4 buah, Cucilah hingga bersih lalu iris menyerong atau sesuai dengan selera.
  • Sediakan garam dapur beryodium sekitar 2 sdm atau secukupnya saja.
  • Sediakan gula merah yang telah disisir halus secukupnya atau sekitar 2 sdm.
  • Sediakan Jika suka dapat ditambahkan pula potongan tempe atau daging tetelan.
Bumbu-Bumbu Untuk Bikin Sayur Lodeh Yang Nikmat:
  • Sediakan kemiri yang telah sangrai sekitar 3 butir.
  • Sediakan ketumbar sesuai kebutuhan untuk menambah aroma atau sekitar 0,5 sdt.
  • Sediakan bawang putih ukuran sedang sekitar 3 siung, kupas kulit luar bawangnya lalu potong-potong agar nanti gampang ketika akan dihaluskan.
  • Sediakan bawang merah ukuran sedang sekitar 8 siung, kupas kulit luar bawangnya, kemudian iris agar gampang ketika akan dihaluskan.
  • Sediakan kencur ukuran sedang sekitar 2 cm, cuci terlebih dahulu sebelum dipakai.
  • Sediakan terasi berkualitas bagus, yang telah digoreng sebelumnya sekitar 0,5 sdt.
Cara Membuat Sayur Lodeh Yang Sederhana Dan Enak:
  1. Ambilah panci ukuran sedang setelah itu masukkan santan kelapa dan juga daun salam serta lengkuas yang telah dimemarkan.
  2. Aduk-aduk santan hingga mendidih. Ingat, tidak boleh sampai santannya pecah sebab nanti akan merusak citarasanya.
  3. Sambil menanti santannya mendidih, haluskanlah bumbu sayur lodeh yang telah disediakan, misalnya seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, terasi, dan juga kencurnya hingga halus. Lebih baik dihaluskan dengan cara diuleg agar aroma dan juga rasanya lebih keluar.
  4. Tambahkan bumbu sayur lodeh setelah itu aduk-aduk lagi hingga santannya mendidih.
  5. Tambahkan nangka muda, labu siam dan juga melinjo setelah itu aduk-aduk rata dan masak hingga setengah matang.
  6. Tambahkan irisan gula merah, garam, dan juga nangka mudanya setelah itu aduk-aduk lagi hingga agak matang.
  7. Tambahkan sisa bahan yang tadi, misalnya seperti kacang panjang, terong, daun melinjo, irisan cabai, dan juga daging tetelan jika anda suka.
  8. Aduk-aduk lagi dan masak hingga semua bahan matang.
  9. Cicipi terlebih dahulu sebelum diangkat dan juga tambahkan garam dan juga gula pasir jika dibutuhkan.
Selesai sudah cara bikin sayur lodeh, rupanya lumayan gampang dan juga simple bukan? untuk menyediakan 1 menu sayuran yang enak, lezat, dan juga bergizi bagi menu hidangan dirumah. Apabila anda suka pedas, anda bisa menambahkan cabai sesuai dengan selera. bahan-bahan yang lainnya juga bisa ditambahkan, atau mungkin ada beberapa sayuran yang ada diatas, misalnya seperti jagung manis, kacang panjang, melinjo, dan yang lainnya dapat dihilangkan atau tidak dipakai dalam proses pembuatan sayur lodeh sunda, sayur lodeh jawa, ataupun sayur lodeh betawi. Demikian resep sayur lodeh yang saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua dan selamat mencobanya.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design