Cara Memasak Pindang Ikan Bumbu Spesial Yang Enak Dan Nikmat

Pindang ikan Nila, tongkol, dan juga tongkol, hampir 2/3 bagian dinegara indonesia yaitu perairan, makanya berbagai macam resep masakan ikan tersebar hampir diseluruh wilayah negara indonesia. Hal tersebut memang tidak mengherankan. Selain rasanya lumayan enak dan juga lezat, baik ikan laut maupun ikan perairan darat (atau air tawar) adalah salah satu sumber protein dan juga zat gizi lainnya, yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Untuk bikin resep pindang yang enak serta nikmat hal yang pokok selain cara bikinnya yang perlu diperhatikan yaitu bumbu pindang ikan yang dipakai. Pada umumnya kita cuman mengenal masakan pindang ikan patin, ikan tuna, ataupun ikan tongkol, namun untuk kali ini kita akan bikin pindang ikan memakai ikan jenis lainnya, yaitu ikan air tawar misalnya seperti ikan mujair, ikan nila, ikan bandeng, ikan gurame, dan juga ikan lainnya.

Resep pindang ikan tersebut sebetulnya adalah salah satu kekayaan kuliner dari daerah palembang. Aslinya, bumbu ikan tersebut dipakai dan juga dimasak dengan ikan patin yang tekstur daging ikan sangat lembut. Selain dagingnya yang lebih lembut apabila dibandingkan dengan jenis ikan yang lainnya, jenis ikan patin yang biasanya hidup disungai yang mengalir tersebut juga memiliki kandungan lemak yang banyak sehingga sangat lezat sekali apabila dimasak dengan beberapa bahan-bahan rempah yang khas indonesia. Namun, sebab tidak setiap daerah diindonesia dapat menjumpai jenis ikan yang satu ini, makannya kita pakai bumbu aslinya untuk bikin resep pindang memakai jenis ikan lain yang dapat kita dapatkan sekeliling kita, misalnya seperti ikan nila, ikan tongkol, ikan mujair, ikan gabus, ikan mas, ataupun yang lainnya.

Untuk bikin resep masakan pindang ikan tersebut terasa lezat dan juga enak, kunci pokok yang perlu diperhatikan yaitu pemakaian bumbu rempah dan juga bumbu dapurnya. Dengan pemilihan bumbu yang benar, kuah resep pindang ikan yang akan kita olah nanti dapat sungguh-sungguh nikmat untuk disantap dengan sepiring nasi putih. Selain rasanya yang enak pasti saja resep ikan yang akan saya olah kali ini banyak sekali mengandung gizi, vitamin, serta omega 3 nya yang bagus sekali untuk memenuhi keperluan nutrisi tubuh. Apalagi jika dinikmati ketika malam ataupun ketika cuacanya sedang dingin, resep kuah pindang ikan tersebut yang sedikit berlemak serta perpaduan rempah-rempahnya dapat memberikan energi yang bagus serta menambah daya tahan tubuh. Selain bahan bumbunya, salah satu trik untuk bikin resep masakan ikan yang enak serta lezat yaitu pengolahan ikan yang dipakai.

Resep Pindang Ikan Bumbu Spesial
Cara Memasak Pindang Ikan Bumbu Spesial Yang Enak Dan Nikmat, cara membuat pindang ikan yang lezat, cara bikin pindang ikan

Pastikan ikan sungguh-sungguh dicuci bersih dari darah yang menempel serta kotoran lainnya. Selain untuk menghilangkan bakteri, biasanya darah yang menempel itu juga meninggalkan bau amis. Pastikan untuk mencuci ikan di air yang mengalir. Sementara itu, sebelum ikan dimasak menjadi resep masakan pindang ikan, trik memasak yang lain yaitu daging ikan yang telah dicuci bersih perlu dilumuri terlebih dahulu dengan perasan air jeruk nipis. ini menolong sekali untuk menghilangkan bau amis yang khas dari ikan tersebut serta meningkatkan kesegaran diresep masakan yang kita olah. Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja kita simak resep pindang ikan dibawah ini:

Bahan-Bahan Untuk Membuat Pindang Ikan Bumbu Spesial Yang Lezat:
  • Sediakan ikan nila, gurame, bandeng ataupun jenis ikan tawar lainnya yang masih segar sekitar 1 kg.
  • Sediakan jeruk nipis 2 buah kemudian potong serta peras air jeruknya.
  • Sediakan serai ukuran sedang sekitar 3 batang, lalu memarkan.
  • Sediakan Jahe ukuran sedang sekitar 5 cm, lalu memarkan.
  • Sediakan daun salam 3 lembar.
  • Sediakan air asam jawa sekitar 3 sdm.
  • Sediakan gula merah yang sudah disisir 2 sdm.
  • Sediakan kecap manis 2 sdm.
  • Sediakan daun kemangi sesuai kebutuhan.
  • Sediakan garam sesuai kebutuhan.
  • Sediakan gula pasir putih sesuai kebutuhan.
  • Sediakan cabai merah sesuai kebutuhan atau sekitar 10-15 buah. dapat ditambahkan pula cabai rawit dan juga cabai hijau apabila anda suka pedas.
  • Sediakan tomat merah sekitar 3 buah, cuci dan belah menjadi 4-5 bagian.
  • Sediakan Air bersih sesuai kebutuhan.
Bumbu-Bumbu Untuk Bikin Pindang Ikan Yang Enak:
  • Sediakan bawang merah 6 siung.
  • Sediakan bawang putih 6 siung
  • Sediakan cabai merah sesuai selera atau sekitar 3-5 buah. cuci dan buang bijinya.
Cara Memasak Pindang Ikan Bumbu Spesial Yang Enak Dan Nikmat:
  1. Siangi dan cucilah ikan sampai bersih dengan air yang mengalir hingga sungguh-sungguh bersih dari kotorannya, setelah itu potong menjadi 2 bagian ataupun sesuai dengan selera. Bersihkan bagian luar ikan hingga sungguh-sungguh bersih dengan cara sedikit ditekan menariknya keluar dengan pisau. Hati-hati jangan sampai bikin daging ikan menjadi sobek.
  2. Lumurilah ikan yang telah dicuci bersih diatas, dengan menggunakan air jeruk nipis sambil sedikit diremas-remas hingga semua bagian terkena rata lalu diamkan sebentar kurang lebih sekitar 15 menit.
  3. Sediakan panci serta berilah air bersih sesuai kebutuhan sekitar 1250 cc.
  4. Sambil menanti airnya mendidih, haluskan bahan-bahan bumbu pindang ikannya diatas, misalnya seperti bawang merah, bawang putih, dan juga cabainya.
  5. Tambahkan bumbu halus diatas kedalam panci yang berisi air dengan jahe dan juga lengkuas yang telah dimemarkan,serai dan juga daun salamnya. kemudian aduk-aduk sebentar sampai mendidih.
  6. Tambahkan ikan nila ataupun gurame yang telah dicuci bersih setelah itu aduk-aduk sebentar.
  7. Tambahkan air asam jawa, gula merah, kecap manis, cabe merah, garam, dan juga gula pasir sesuai kebutuhan kemudian aduk-aduk lagi hingga masak dan juga ikannya matang.
  8. Jika sudah matang serta airnya mengering sekitar 15 menit, tambahkan daun kemangi dan juga irisan tomat.
  9. Cicipi terlebih dahulu sebelum diangkat dan tambahkan garam, gula, dan juga kecap jika dibutuhkan kemudian angkat dan hidangkan.
Selesai sudah cara simple bikin pindang ikan nila ataupun gurame diatas. Sebetulnya bumbu diatas, juga dapat dipakai untuk jenis ikan lainnya, misalnya seperti bandeng, ikan mas, tongkol, ataupun yang lainnya. Jika suka, bagi anda dapat juga meningkatkan beberapa lembar daun jeruk diresep pindang ikan agar rasa dan juga aromanya lebih segar ketika dinikmati dengan keluarga dirumah. Demikian resep yang saya bagikan kali ini tentang Pindang Ikan semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design