Cara Memasak Ayam Goreng Kalasan Beserta Sambalnya Yang Enak

Resep masakan ini sangat enak dan juga krispi, bukan hanya dinegara indonesia saja lho, resep ayam goreng ini digemari dibanyak sekali negara. misalnya yaitu negara Jiran tetangga kita yang dapat kita lihat dari makanan kesukaan Upin dan Ipin (biasanya menemani anak-anak nonton kartun soalnya). Memang jika masalah rasa setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri, seperti pula resep ayam goreng kalasan yang akan kita bikin olah kali ini yang memiliki citarasa yang berbeda dengan ayam goreng kremes yang telah kita buat. Dengan memakai bumbu ayam kalasan yang asli yang terbuat dari rempah-rempah yang alami, citarasa yang diperoleh sungguh-sungguh berbeda dengan resep masakan yang sejenis. Pasti saja, tidak cuman bumbu ayam goreng serta resep sambal kalasan nya saja, cara membuat ayam goreng kalasan sendiri juga memiliki cara khusus sehingga hasillah rasa yang otentik khas daerah ini yang menjadikannya.

Daripada kita membeli resep masakan ayam goreng kalasan di restoran maupun dirumah makan yang ada di daerah kita, bikin sendiri resep ayam goreng kalasan tersebut pasti jauh lebih menguntungkan bagi kantong anda bukan? Selain itu juga, kita dapat memberikan pelajaran yang bagus sekali mengenai tentang cara berhemat bagi anak-anak dirumah sehingga anak-anak bisa lebih menghargai uang. Satu hal lagi yang perlu anda ketahui, bagi anda yang kebetulan tinggal jauh dipulau seberang dan kebetulan kangen dengan resep masakan ayam goreng kalasan ini dan rupanya lumayan sulit untuk membelinya, dengan membuat sendiri ayam goreng tersebut pasti lebih menyenangkan dan juga mengobati kerinduan dengan kampung halaman. Anda semua tidak usah khawatir, cara bikin ayam kalasan tersebut lumayan gampang diikuti kok, bumbu ayamnya sendiri juga gampang didapatkan disekeliling rumah kita.

Bagi yang belum tahu, kalasan yaitu salah satu wilayah yang ada di Sleman, yogyakarta yang memang telah terkenal sekali dengan candi serta dengan kekayaan budaya kuliner lainnya. Sebut saja ayam bakar kalasan yang banyak pula dicari/diincar oleh para pengunjung ataupun pecinta kuliner dari daerah luar, pasti saja selain candi kalasan yang memang telah mendunia. misalnya seperti juga ayam bakar kalasan, resep masakan ayam kali ini juga memakai air kelapa yang segar dalam proses perebusannya. Rasa yang agak manis dan juga legit memang menjadi salah satu ciri khas dalam semua resep masakan yang berasal dari daerah Jogya.

Resep Ayam Goreng Kalasan
Cara Memasak Ayam Goreng Kalasan Beserta Sambalnya Yang Enak, cara membuat ayam goreng kalasan, cara bikin ayam goreng kalasan

Selain daging ayamnya sendiri yang memiliki citarasa khas daerah kalasan, satu hal lagi yang bikin resep masakan ayam goreng tersebut ini berbeda yaitu sambal ayam goreng kalasannya. Sebetulnya sih cara bikinnya juga sangat gampang, namun bagi yang belum tahu pasti penasaran bukan dengan bahan-bahan dan juga bumbu-bumbu yang dipakai. Bagi yang sudah tidak sabar mau mencoba membuat resep ayam goreng kalasan langsung saja kita simak resep ayam goreng kalasan berikut dibawah ini.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Ayam Goreng Kalasan Yang Gurih:
  • Sediakan ayam kampung sekitar 1/2 ekor.
  • Sediakan lengkuas sekitar 2 cm, cuci dan memarkan.
  • Sediakan air kelapa segar 1/2 liter
  • Sediakan daun salam 2 lembar.
  • Sediakan serai 1/2 batang, lalu memarkan.
  • Sediakan kecap manis kental 1 sdm.
  • Sediakan garam 1 1/2 sdt.
  • Sediakan gula pasir 1 sdm.
  • Sediakan bawang putih 3 siung.
  • Sediakan bawang merah 4 siung.
  • Sediakan kunyit sekitar 0,5 ruas ibi jari dewasa.
  • Sediakan ketumbar 1/2 sdt.
  • Sediakan minyak goreng sesuai kebutuhan.
Bumbu Untuk Bikin Sambal Kalasan Yang Enak Dan Pedas:
  • Sediakan cabe rawit merah 8 buah, atau jika anda suka pedas anda bisa menambahkannya lagi sesuai selera.
  • Sediakan tomat merah 1/2 potong.
  • Sediakan bawang merah 2 siung.
  • Sediakan cabe merah 9-10 buah.
  • Sediakan bawang putih 2 siung.
  • Sediakan garam secukupnya.
  • Sediakan gula pasir sesuai kebutuhan.
  • Sediakan minyak goreng sesuai kebutuhan.
Cara Memasak Ayam Goreng Kalasan Serta Cara Bikin Sambal Kalasan Yang Enak:
  1. Potonglah ayam menjadi 4 bagian kemudian cuci hingga bersih dengan air yang mengalir setelah itu dinginkan sebentar.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan juga ketumbar. dengan cara diuleg.
  3. Ambilah panci kemudian masukkan air kelapa.
  4. Tambahkan daging ayam, lengkuas yang telah dimemarkan, daun salam, dan juga serai. setelah itu masak memakai api yang sedang.
  5. Tambahkan kecap manis, gula pasir dan juga garam setelah itu aduk-aduk hingga bahan tercampur dengan rata.
  6. Masaklah hingga dagingnya lunak dan kuahnya mengering setelah itu angkat ayam yang ada didalamnya.
  7. Sediakan penggorengan dan berilah minyak sesuai kebutuhan dengan memakai api sedang.
  8. Apabila minyaknya sudah panas, campurkan dan gorenglah ayam yang telah dimasak dengan bumbu ayam kalasan hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan.
  9. Yang perlu diperhatikan yaitu, gorenglah ayam sesuai kebutuhan sebab pada umumnya telah empuk daging ayamnya.
  10. Cara membuat sambal kalasan: Gorenglah semua bahan-bahan yang telah disediakan tadi sebentar saja yang penting agak matang. dan tomat digoreng bagian terakhir saja, agar nantinya tidak terlalu kematangan.
  11. Haluskanlah semua bahan-bahan yang telah digoreng tadi dengan cara diuleg hingga halus dan sambil diberi garam dan juga gula pasir sesuai kebutuhan.
  12. Cicipi terlebih dahulu serta tambahkan gula pasir dan juga garam apabila dibutuhkan. Setelah itu hidangkan bersama ayam goreng kalasannya.
Sebetulnya, pada dahulu kala resep ayam goreng kalasan yang kita buat tadi telah cukup. namun seiring perkembangan jaman, sekarang ini banyak ditemui resep masakan ayam kalasan yang dihidangkan bersama dengan kremesan ayam. Untuk meningkatkan citarasa ayam goreng kalasan, alangkah baiknya ayam goreng kalasan tadi dinikmati bersama dengan lalapan yang segar. Demikian resep yang saya bagikan kali tentang ayam goreng kalasan semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design