Cara Membuat Mie Aceh Goreng Yang Lezat Dan Nimat

Aceh, adalah daerah bagian paling barat dari negara indonesia tersebut terkenal dengan syariat islamnya yang lumayan konsisten diterapkan didaerahnya masing-masing. Selain itu, Kebudayaan khasnya juga terkenal hingga ke luar negeri. Rupanya salah satu resep kuliner dari daerah itu, yaitu resep masakan mie aceh pula banyak sekali dicari lho. Tidak cuman terkenal di daerah asalnya saja, resep makanan mie tersebut juga lumayan terkenal didaerah medan, bandung, jakarta, mie aceh, serta kota besar lainnya yang berada diindonesia. dengan memakai bumbu mie yang berasal dari berbagai macam jenis rempah-rempah alami dipadukan dengan beberapa trik khusus untuk cara bikinnya, resep mie aceh rupanya memiliki citarasa yang luar biasa lho. Tidak cuman mie goreng acehnya saja, mie kuahnya pun memiliki citarasa yang unik, enak dan juga lezat sehingga banyak sekali dicari oleh penggemar kuliner nasional.

Misalnya seperti juga resep masakan dari daerah pulau sumatera bagian barat yang lainnya, misalnya seperti medan, padang, dan juga lainnya, Resep mie aceh tersebut juga sangat kaya akan dengan bumbu-bumbu rempahnya. Keistimewaan dari mie aceh goreng serta mie aceh kuah memang terletak dibahan bumbu rempah yang dipakainya. Bumbu mie aceh tersebut memang sedikit berbeda dengan yang lainnya. Bahkan dapat dikatakan lebih lengkap jika dibandingkan dengan mie kopyok semarang. Jika cara bikin mie nya sendiri tidak terlalu berbeda dengan masakan dari daerah lain, meskipun memang ada beberapa trik agar hasilnya enak dan juga lezat.

Salah satu ciri khas resep mie goreng dari aceh tersebut yaitu bentuk mie yang dipakai nampak lebih besar dan juga tebal. hal tersebutlah yang bikin banyak sekali pecinta kuliner selalu puas ketika menikmati resep mie aceh yang pula dengan gampang dan juga sangat mudah kita jumpai dijakarta, surabaya, bandung, ataupun daerah yang lainnya. Selain memakai mie khusus dapat juga memakai mie telor biasa apabila tidak ada. serta bumbu mie yang lengkap, campuran isiannya lebih bergizi. Bagi anda yang kebetulan memang menyukai masakan tersebut, tentu tahu isian dari resep tersebut lebih bergizi daripada dengan mie yang lainnya. Sebut saja udang, jeroan, daging sapi, maupun daging kambing yang banyak mengandung protein dan juga gizi penting bagi keperluan tubuh setiap hari.

Resep Mie Aceh Goreng
Cara Membuat Mie Aceh Goreng Yang Lezat Dan Nimat, cara bikin mie aceh goreng yang enak

Sebab memakai bumbu rempah seperti kapulaga, pala, serta lada. citarasa mie aceh tersebut sangat pas sekali dengan anda yang menyukai citarasa pedas atau dinikmati ketika musim hujan maupun cuaca sedang dingin. Tidak cocok rasanya menyantap mie kuah aceh ataupun mie gorengnya namun rasanya kurang pedas. Selai itu juga, citarasanya pun sangat dominan dengan rasa gurih sebab bumbu mie aceh yang dipakai memang lumayan berani. Kebanyakan resep mie aceh ini memakai daging kambing sebagai campurannya, namun jika memang anda tidak menyukainya dapat diganti dengan daging sapi maupun daging ayam saja. Unutuk lebih jelasnya lagi mari kita simak resep mie aceh goreng berikut dibawah ini.

Bahan-Bahan Untuk Bikin Mie Aceh Goreng Yang Lezat:
  • Sediakan mie basah sekitar 300 gram, siram dengan air panas atau seduh sebentar sebelum dipakai. jika tidak ada maka bisa diganti dengan memakai mie telor 1 bungkus.
  • Sediakan daging kambing ataupun daging sapi yang sudah dipotong sekitar 200 gram.
  • Sediakan kaldu sapi sekitar 250 gram.
  • Sediakan toge 50 gram.
  • Sediakan air bersih 3/4 liter.
  • Sediakan garam sesuai kebutuhan.
  • Sediakan gula pasir 1 sdt.
  • Sediakan kecap manis kental sekitar 1 1/2 sdm.
  • Sediakan tomat merah 1 buah. lalu potong sesuai selera.
  • Sediakan bawang merah 3-4 siung.
  • Sediakan Kol sesuai kebutuhan.
  • Sediakan daun bawang 1 batang.
  • Sediakan daun salam 1 lembar.
  • Sediakan minyak goreng sesuai kebutuhan.
Bumbu-Bumbu Untuk Bikin Mie Aceh Goreng Yang Nikmat:
  • Sediakan bawang putih 4 siung.
  • Sediakan bawang merah 6 siung.
  • Sediakan kunyit yang sudah dibakar 2 cm.
  • Sediakan kapulaga 1 butir.
  • Sediakan cabai merah 5-8 buah.
  • Sediakan jintan sesuai kebutuhan.
  • Sediakan ketumbar sesuai kebutuhan.
  • Sediakan kemiri 2-3 butir.
  • Sediakan jahe 2 cm.
  • Sediakan adas sekitar 3 cm.
Cara Membuat Mie Aceh Goreng Yang Enak:
  1. Rebuslah daging kambing ataupun daging sapi dengan daun salam hingga lunak setelah itu dinginkan, dan potong kecil-kecil atau sesuai selera.
  2. Jika dagingnya sudah masak, haluskanlah bumbu-bumbu yang sudah disediakan tadi dengan cara diuleg.
  3. Sediakan penggorengan dan berilah minyak sesuai kebutuhan kemudian tumislah bawang merah yang telah diiris hingga layu.
  4. Tambahkan bumbu mie aceh goreng yang telah dihaluskan tadi kedalam penggorengan dan aduk-aduk hingga tercium bau wangi yang khas dari tumisannya.
  5. Tambahkan daging sapi ataupun daging kambing yang telah dipotong kecil-kecil tadi ke dalam penggorengan dan aduk-aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata.
  6. Campurkan air kaldu dagingnya kedalam penggorengan dan aduk-aduk lagi agar semua bahan tercampur dengan rata, kemudian masak hingga airnya mendidih.
  7. Campurkan potongan sayurnya, misalnya seperti toge, kol, dan juga yang lainnya. setelah itu aduk-aduk lagi hingga airnya agak berkurang.
  8. Tambahkan irisan daun bawang dan juga tomatnya lalu aduk-aduk lagi.
  9. Masukkan kecap manis, garam, gula pasir, dan setelah itu aduk-aduk lagi hingga semua kuahnya mendidih.
  10. Setelah itu, masukkan mie yang telah diseduh sebelumnya setelah itu aduk-aduk lagi hingga bumbunya meresap kedalam mie dan juga kuahnya menyurut.
  11. Angkat dan hidangkan bersama dengan pelengkapnya.
Selesai sudah cara buat mie aceh goreng ini dengan bumbu rempahnya. memang sedikit lebih susah dibandingkan dengan mie yang biasanya, namun rasanya memang beda serta jerih payahnya terbalas dengan sajian spesial dari Serambi Mekah tersebut. Untuk menambah citarasanya, resep mie aceh goreng diatas alangkah baiknya disantap dengan beberapa irirsan tomat segar, acar, dan juga diatasnya diberi taburan bawang goreng agar lebih lezat. tidak lupa dengan emping dan juga kacang gorengnya. Demikian resep mie aceh goreng yang saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design