Cara Memasak Ikan Bakar Khas Padang


Bumbu-bumbu yang sederhana kali ini dari resep ikan bakar khas Padang akan memiliki rasa yang lezat nemang patut untuk anda coba. Selain gulai ikan tengiri, Padang juga mempunyai jenis makanan ikan lain yaitu berupa ikan bakar. Ikan memang merupakan sumber protein yang dibutuhkan manusia yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Bahan-bahan yang harus disiapkan sebelum memasak yaitu seperti ikan kembung 2 ekor atau berapapun jumlahnya sesuai kebutuhan anda. Kemudian anda juga membutuhkan perasan jeruk dan garam secukupnya, santan encer 150 ml serta 50 ml untuk santan kental, margarin yang dilelehkan dan irisan bawang putih secukupnya.

Cara Memasak Ikan Bakar Khas Padang, resep ikan padang

Bahan-bahan.
·         Bawang merah sebanyak 8 siung.
·         4 siung untuk bawang putih.
·         4 buah untuk cabe merah yang keriting.
·         Seruas jari untuk jahe.
·         2 buah untuk kunyit dan kemiri yang sudah dibakar.
·         Lengkuas dan serai.
·         Daun jeruk yang sudah lepas dari tulang daunnya.
·         Daun kunyit
·         Saos, kecap, dan garam sesuai selera masing-masing.

Cara Membuat.
Lagkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ikan dari semua kotoran baik di dalam tubuh ikan maupun diluar. Setelah itu baru anda bisa masuk ke langkah berikutnya yaitu sebagian berikut:

  1. Jeruk nipis yang sudah diperas tadi, air jeruknya digunakan untuk melumuri bagian tubuh ikan secara merata tunggu dalam beberapa saat lalu cuci ikannya kembali.
  2. Semua bahan-bahan bumbu ditumbuk menjadi halus.
  3. Bumbu yang sedah halus kemudian dicampurkan ke dalam santan yang sedang masak.
  4. Matikan api ketika santan sudah mendidih.
Setelah santan yang anda masak sudah mendidih dan di angkat. berikutnya menyiramkan campuran santan dan bumbu tersebut ke seluruh bagian ikan dengan merata. Kemudian tunggu sampai meresap sekitar 30 sampai 1 jam. Pastikan anda menyisikan bumbu tadi untuk digunakan saat pembakaran ikan. Step memasak yang terakhir yaitu mengoleskan sisa bumbu ke ikan dan membakarnya dan ikan bakar siap untuk dinikmati.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design