Resep gulai ikan tenggiri

Kebanyakan masakan Padang yang bersantan memberi nuansa tersendiri mengenai berbagai resep terutama gulai ikan tenggiri. Ketika anda berbicara tentang kuliner dari Padang tentu akan menemukan banyak sekali makanan lezat yang bisa dimasak untuk keluarga. Salah satu jenis makanan yang berkuah dari Padang selain sop adalah gulai. Berbagai macam gulai dari berbagai daging sudah banyak digemari oleh masyarakat. Namun, masakan gulai ikan tengiri tidak kalah populernya karena ikan kaya akan protein yang sangat bagus untuk merangsang perkembangan otak.

Resep gulai ikan tenggiri
Bahan-bahan
- Ikan tengiri sebanyak satu setengah kilogram dengan irisan yang melintang
-  Belimbing sayur 10 buah.
- Sediakan juga santan kental dan santan encer.
- Cabe rawit sesuai selera pedas anda.
- Daun jeruk dan perasan jeruk
- Minyak goreng, serai, jahe, dan sedikit asam jawa.

Setelah bahan-bahan telah disiapkan. Langkah selanjutnya adalah menyediakan bahan yang diperlukan untuk pembuatan bumbu masakannya. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan.

1.     Kemiri secukupnya.
2.     Kunyit.
3.     Merica sesuai selera.
4.     Garam.
5.     Bwang merah sebanyak 10 siung dan bawang putih sebanyak 4 siung saja.

Cara membuat. 
Untuk yang pertama bersihkan terlebih dulu ikan tengirinya hingga bersih dari kotoran luar maupun kotoran yang ada di dalam tubuh ikannya. Kemudian potong-potong ikan tersebut dan lumuri dengan perasan air jeruk dan diamkan sekitar 30 menit. Langkah selanjutnya adalah menghaluskan bumbu dari bahan-bahan seperti kemiri, garam, merica, kunyit, bawang merah, bawang putih.

Lalu panaskan minyak untuk kemudian menumis bumbu halus tadi. Masukkan asam jawa, santan, kemusian belimbing sayur. Aduk sampai rata dan tunggu sampai ikan tengirinya matang. Langkah penutup adalah masukkan cabe jenis rawit ke dalam masakan dan gulai ikan tengiri siap untuk disantap. 
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design