Cara Membuat Sambal Padang

Ayo Menikmati Sambal Padang
Ketenaran masakan padang ditunjang oleh sambal padang yang enak nian. Jika kita berkunjung ke rumah makan padang maka sambal yang satu ini pasti tersedia. Sambal padang ada yang dari cabai hijau ada pula sambal untuk jenis masakan tertentu dari cabai merah. Ayam pop misalnya adalah jenis masakan padang yang enak dinikmati dengan sambal padang merah. Keduanya dijamin kelezatannya. Anda penasaran cara membuat sambal padang? Sambal padang ijo dimakan dengan daun singkong, hmm Anda pasti ketagihan. 
Pertama siapkan bahan-bahannya seperti cabai hijau segar sekitar 100 gram, 2 buah tomat hijau dipotong-potong kecil, 5 siung bawang merah, air dari 2 buah jeruk nipis, ½ sdt garam. Kemudian cabai hijau itu dibuang bijinya dan diiris tipis saja. Cabai direbus setengah matang, lalu digiling kasar. Anda tambahkan air jeruk dan garamnya. Sedangkan bawang merahnya bisa ditumis, campurkan dengan tomat dan cabai. Segera sajikan.

cara membuat sambal padang cabe merah

Jika Anda ingin menambahkan varian lain seperti pete dalam sambal ijo bisa juga. Perhatikan resepnya dengan pete. Bahan-bahannya terdiri dari 10 buah cabai hijau, 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah tomat berwarna hijau, 1 papan pete segar. Jangan ketinggalan minyak gorengnya. Anda bisa pula memakai minyak goreng bekas mengoreng ayam yang masih bagus atau minyak kelapa. Sebelumnya pete dikukus dulu, kupas dan belah jadi dua. Bahan lainnya seperti cabai dan lainnya bisa dikukus dahulu. Jika sudah empuk angkat dan tiriskan. Lalu cabe dan bawang digiling kasar. Haluskan dengan tambahan tomat, garam dan gula secukupnya. Aduk dengan pete tadi dan minyak goreng. Nah sambal ijo pete sudah bisa dinikmati. Cocok dimakan untuk tambahan masakan padang lainnya. 

cara membuat sambal merah khas padang

Selain sambal padang ijo ada pula sampal padang cabai merah. Yuk kita coba buat bareng-bareng. Tentunya bahan yang disiapkan harus cabai merah, selain bahan lainnya. Anda siapkan 250 gr cabai merah keriting atau jenis lain. Potong-potong kasar saja. Lalu siapkan 2 siung bawang merah atau sekitar 50 gram, 1 siung bawang putih, 1 buah tomat merah sekitar 150 gram, garam dan gula pasir secukupnya. Jika suka tambahkan ½ sdt air jeruk nipis dan minyak goreng untuk menumis. Campurkan cabai merah, bawang dan tomat. Coba kukus selama 5 menit. Angkat, tumbuk dan diaduk biar merata. Tumis semua bahan itu dengan api kecil. Masukkan gula, garam dan air jeruk, sampai tercium bau harum. Sambal pun siap dihidangkan. Sambal cabai merah ini sama dengan sambal balado. Beberapa masakan padang memang memakai resep sambal padang tersebut dicampur dengan bahan lain. Sambal padang ini juga sebagai pelengkap masakan padang lain seperti ayam pop yang gurih itu.  Semoga bermanfaat ya..
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design