Resep Masakan Padang

Cita Rasa Unik Masakan Padang
Ada restoran yang tersebar di setiap daerah di Indonesia dan sangat terkenal kelezatan masakannya. Apalagi kalau bukan restoran padang. Masakan padang sangat digemari masyarakat Indonesia. Cita rasa masakan padang yang pedas, gurih, dengan bumbu-bumbu pilihan mengugah selera penikmatnya. Banyak sekali jenis masakan padang yang memiliki penggemar, misalnya rendang, dendeng balado, ayam pop dan sebagainya. Beragam resep masakan padang itu bisa Anda coba buat sendiri di rumah. Salah satunya adalah rendang. Rendang tidak identik dengan daging saja, ada rendang ayam, rendang paru yang bisa dicoba. Rendang sudah terkenal kelezatannya, bahkan masakan yang satu ini dinobatkan sebagai salah satu masakan terenak di dunia versi TV berita di AS. 

Resep Masakan Padang extra pedas

Cara membuat rendang memang lebih lama dibanding resep yg lainnya. Tapi hasilnya akan sepadan dengan proses pembuatannya itu. Pertama siapkan 500 atau 1 kg daging sapi, potong-potong. Bumbu rendangnya terdiri dari santan kental 600 ml atau lebih, minyak goreng dan 300-500 ml air. Bumbu yang dihaluskan yaitu 10 buah cabai merah diiris, 6 butir bawang merah dan 3 siung bawang putih, 3 cm kunyit jahe dan lengkuas, 1 sdm garam. Siapkan 1 lembar daun kunyit, 2 butir asam kandis dan 1 batang serai. Jika tidak ingin repot, Anda bisa pula memakai bumbu rendang yang sudah jadi dan banyak dijual. 

Resep rendang adalah resep utama yang terkenal sehingga banyak yang menyediakan bumbu jadi. Setelah bahan tersedia, tumis bumbu hingga harum. Masukan daging dan aduk hingga warnya berubah. Tambahkan daun kunyit, serai dan asam kandis, aduk lagi. Bila ingin ditambahkan dengan kentang bisa juga. Siapkan kentang yang sudah dipotong dadu atau kentang seperti baby potato. Masukkan kentang setelah ditambahkan air secukupnya, aduk terus hingga airnya menyusut. Lalu masukkan santan, dimasak dengan api sedang, biarkan beberapa jam. Coba cek agar daging semakin empuk. Biasanya kuah akan mengering dan berminyak.

Selain rendang, cita rasa unik bisa dicicipi dari beberapa resep lainnya. Misalnya resep gulai otak. Masakan padang ini juga punya pengemar sendiri. Bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu 1 potong otak sapi atau kerbau. Ambil 10 lembar tapak leman atau daun mangkokan, 1 lembar daun kunyit, 1 batang serai, 2 lembar daun jeruk dan asam kandis, 1 kelapa atau 750 cc santan. Haluskan 15 buah cabai merah keriting, 12 siung bawang merah, 3 cm kunyit, 2 cm jahe dan lengkuas. Cara memasaknya daun mangkokan dirajang halus remas-remas dengan 1 sdm garam, diamkan beberapa menit, cuci dan tiriskan. Masukkan otak kedalam air mendidih selama 5 menit. Angkat, bersihkan otak dari kulit ari dan urat darahnya, potong bentuk dadu. Masak santan yang dicampur dengan bumbu sambil mendidih aduk sesekali. Daun mangkokan direbus dengan santan sampai layu dan masukkan otak. Bila santan kembali mendidih berarti masakan sudah siap.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design