Resep Sate Padang

Inilah resep sate padang yang Anda butuhkan untuk menyajikan menu masakan menarik bagi keluarga tercinta. Sate padang khas dengan daging jeroan yang dimasak dengan bumbu khas padang yang lezat. Anda juga dapat menyisipkan daging sapi sehingga sate ini lebih bergizi dan menarik untuk dinikmati.
Resep Sate Padang yang enak
 Bahan dan Bumbu
Adapun bahan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sate padang yaitu:
·         125 gram daging sapi
·         200 gram jantung sapi
·         200 gram paru sapi
·         750 ml kaldu sapi
·         4 sendok amakan tepung beras
·         50 ml santan kental
·         1 lembar daun kunyit
·         1 sdm kari bubuk
·         3 sdm minyak goreng
·         Tusukan sate secukupnya

Untuk bumbu satenya yaitu:
·         1 sdm ketumbar
·         1 ruas jari jahe
·         1 ruas jari lengkuas
·         2 ruas jari kunyit
·         ½ sdt jinten
·         8 siung bawang merah
·         5 siung bawang putih
·         2 buah cabai merah
·         1 batang serai
·         3 lembar daun jeruk
·         Penyedap rasa dan garam secukupnya

Cara Membuat
·         Cuci hingga bersih daging, paru, dan jantung sapi yang Anda siapkan dan tiriskan. Rebuslah air hingga mendidih dan masukkan daging dan jeroan tersebut kedalam air rebusan hingga empuk dan matang. Jika Anda rasa daging tersebut telah empuk, angkat dan dinginka. Potonglah menjadi bentuk dadu kecil kecil menurut selera Anda.
·         Persiapkan bumbu yang akan Anda haluskan meliputi jahe, jinten, kunyit, bawang merah, cabai merah, bawang putih, serta sedikit garam. Haluskan bahan tersebut hingga benar benar halus dan kepreklah batang serai dan lengkuas yang Anda persiapkan tadi.
·         Tumislah bumbu tersebut ke dalam minyak goreng yang telah cukup panas dengan menambahkan serai, lengkuas, penyedap rasa, kunyit, daun jeruk, dan garam. Setelah harumm dan matang, bagilah menjadi dua yang satu ditaburkan di daging yang telah dipotong dadu, dan yang satunya untuk campuan kuahnya nanti.
·         Jika Anda telah melumuri dagingnya dengan tumisan bumbu tadi, masukkanlah kedalam panci kukus dan ungkeplah hingga bumbunya benar benar meresap dan kering. Masaklah dengan api kecil saja.
·         Setelah daging yang diungkep tersebut telah kering, Anda dapat menyusunnya kedalam tusukan sate sebanyak 4 hingga 5 potong daging saja.
·         Siapkan kuah sate dengan merebus kuah kaldu daging sapi yang Anda persiapkan dengan menambahkan santan kental dan tumisan bumbu yang Anda sisihkan tadi. Aduk hingga merata hingga mendidih dan tambahkan tepung beras sehingga kuahnya menjadi kental.
·         Panggang sate yang telah Anda susun tersebut hingga matang kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan piring saji dengan menambahkan kuah bumbu yang sudah di olah tadi.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design