Resep Soto Ayam, lezat dan menggugah selera

Siapa yang tidak kenal dengan menu soto. Hampir di setiap daerah di Nusantara ini kita temukan menu masakan soto. Kalau kita kebetulan ke padang ada soto padang, kalau kita ke medan ada soto medan dan kalau kita ke Jakarta juga ada soto betawi. Bahan utama dari banyak jenis soto tersebut biasanya adalah ayam. Ya. Ayam.

Resep Soto Ayam yang lezat

Lalu resep soto ayam mana yang paling enak?
Kalau pertanyaan mana yang enak, sangat sulit untuk dijawab. Karena masing-masing orang memiliki selera yang berbeda-beda dan juga memiliki kecenderungan lidah yang berbeda. Misalnya: ada yang suka manis, ada yang suka pedas dan ada juga yang suka asin.
Bagi anda yang belum pernah atau baru belajar membuat menu masakan soto ayam, pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi terkait dengan resepnya.
Sebenarnya membuat menu masakan soto ayam bukanlah pekerjaan yang sulit. Anda bisa mencobanya sendiri dirumah sehingga mendapatkan pengalaman menarik bagaimana membuat masakan soto ayam yang lezat.

Bahan-bahan.

  1. ½ kg daging ayam (potong daging ayam dengan ukuran potogan tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil)
  2. 250 gr taoge. Rebus taoge beberapa menit saja (setengah matang) dan kemudian tiriskan
  3. Daun Jeruk sebanyak 3 lembar
  4. Air putih sebanyak 5 gelas
  5. 1 buah jeruk nipis
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. Bawang merah yang sudah digoreng untuk taburan setelah soto matang
  8. 1 bungkus atau 70 gr sohun (rebus sohon dan kemudian tiriskan)
  9. 2 Sendok makan minyak goreng untuk menumis
  10. 3 cm lengkuas yang sudah diiris-iris
  11. 2 Batang daun serai yang sudah dimemarkan
  12. Daun salam sebanyak 3 lembar
Cara memasak.
  1. Pertama kali rebuslah ayam yang sudah dibersihkan bersama dengan lengkuas, serai dan daun salam hingga matang. Setelah ayam tersebut matang angkat dan simpan rebusannya sebagai kaldu ayam
  2. Kemduian panaskan margarine (minyak ikan) untuk menumis seluruh bumbu-bumbu yang ada pada daftar diatas. Tumis bumbu-bumbu tersebut sehingga menghasilkan aroma harum
  3. Langkah ketiga, masak kaldu ayam yang sudah dipisahkan tadi bersama bumbu halus yang sudah ditumis dan jangan lupa masukan juga ayamnya.
  4. Masukan lada, garam serta gula secukupnya
  5. Tunggu masakan hingga matang
  6. Persiapkan mangkok yang sudah di isi dengan sohun dan taoge. Siram sohun dan taoge bersama ayam yang sudah dimasak
  7. Agar lebih nikmat, beri sedikit air jeruk nipis serta bawang merah yang sudah digoreng sehingga masakan menjadi lebih harum.
Itulah resepnya lezat dan menggugah selera yang bisa anda praktekan dirumah. Selamat mencoba dan mudah-mudahan berhasil.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design