Cara Memasak Kangkung Agar Tetap Hijau

Kangkung ialah salah satu jenis sayuran hijau dengan tumbuh di darat dan juga di air. Sayur hijau yang satu ini bisa diolah menjadi lauk yang enak dengan aneka rasa, manis, asin dan pedas. Tentu saja jenis rasa tersebut bisa disesuaikan dengan pengolahan sang pemasak. Namun seperti apapun yang dimasak itu, tumis kangkung lebih identik berubah dari hijau menjadi hitam. Sehingga, menampilkan sisi lain dari warna semulanya.

Cara Memasak Kangkung Agar Tetap Hijau, resep kangkung supaya tetap hijau

Di sini, resep sayur kangkung yang hijau bisa diolah dengan proses tertentu, agar hasilnya pun tetap sama hijau segar tersebut. Pun demikian, pengolahan ini tidak sulit bahkan cukup mudah dengan dilengkapi beberapa tips yang mudah. Sehingga, Anda pun bisa mengolah sayur hijau ini tetap hijau sekalipun telah dimasak dan telah berada dalam waktu yang lama. Dalam pengolahan ini tidak membutuhkan bahan-bahan yang khusus, ataupun bahan yang harus spesial. Cukup bahan yang biasa seperti yang biasanya, hanya saja menjalankan proses tertentu di sela-sela masak. Teruntuk lebih detailnya, berikut ini cara memasak kangkung agar tetap hijau, yang bisa Anda sesuaikan dengan kemauan Anda, seperti:

Menambahkan air jeruk lemon
Pengolahan kangkung disini, Anda bisa menyiapkan bahan seperti biasa yang Anda gunakan. Lalu diolah dalam api yang sedang. Lama kemudian, sayur tersebut akan menghasilkan air, sehingga tak perlu ditambahkan walau hanya sedikit saja. Tetapi bila Anda ingin kuah yang lebih, bisa ditambahkan dengan air secukupnya. Kemudian, menambahkan air jeruk lemon bisa setengah ataupun satu utuh. Aduk pelan-pelan, matang dan siap untuk dihidangkan sebagai lauk yang dalam keadaan hijau.

Mengolah dengan api besar
Langkah awal dan akhir bisa dilakukan seperti cara yang biasa dilakukan, namun api yang digunakan ialah besar, sehingga, cepat matang. Dalam proses ini, kangkung yang diolah akan lebih berkurang berada di atas api. Maka bisa meminimalisir warna hitam yang akan terjadi serta menjaga hijau segar yang dimilikinya.

Dari kedua cara tersebut, Anda bisa mengolahnya dan menjadikannya sebagai pemasak untuk sayur kangkung yang senantiasa mempertahankan warna segarnya meskipun telah dipanaskan di atas api. Pun begitu, Anda tak perlu lagi bingung dalam menghadapi warna hitam yang membuat penampilan luar dari sayur ini menjadi buruk. Karena Anda bisa mengolahnya tanpa harus kehilangan segarnya yang alami itu.

Teruntuk memilih dan mengolah sayur kangkung ini pun, Anda bisa memilah sayur yang berkualitas. Dalam artian tak semua sayur itu dapat diolah dengan baik nan bergizi. Berikut ini ialah tips memilih sayur kangkung yang baik, seperti:

• Pastikan sayur tidak layu dan dalam keadaan hijau segar.
• Pilih kangkung yang bebas dari tekstur buruk, seperti daun yang berlubang ataupun berwarna kuning.
• Potong sayur kangkung untuk daunnya dan bisa sampai batangnya. Namun pastikan potongan tersebut kecil-kecil saja karena akan mempermudah saat dikonsumsi.

Dalam hal ini, sayur kangkung tetap bisa diolah tanpa harus kehilangan kesegaran warna hijaunya. Di samping itu, Anda-pun harus memilih sayur yang bagus bukan sayur sembarangan. Teruntuk kangkung darat atau air, itu tak menjadi masalah. Bisa disesuaikan dengan kesukaan Anda sendiri. Karena pada dasarnya mereka itu sama hanya saja beda cara hidupnya. Selain itu, mereka pun memiliki karakteristik masing-masing, dimana untuk yang darat tidak merambat, namun untuk kangkung air, ini bisa tumbuh dengan merambat dan meluas dengan cepat. itulah resep kangkung supaya warnanya tetap hijau, semoga bermanfaat yaa.
 

Resep Masakan Template by Ipietoon Cute Blog Design